Sudah Tahu Peraturan Apa Saja Kala Liburan di Pulau Komodo, Simak di Sini

Sumber: liputan6.com
Taman Nasional Pulau komodo memang sudah menjadi tempat wisata bagi masyarakat umum. Banyak wisatawan yang kagum dengan keindahan Pulau Komodo serta eksotisnya Komodo itu sendiri. Pemerintah juga giat memperbaharui fasilitas dan akses menuju Pulau ini yang disambut baik banyak kalangan terutama online travel agent yang menawarkan berbagai promo tiket pesawat murah misalnya dari https://www.traveloka.com/tiket-pesawat yang memiliki banyak pilihan maskapai untuk terbang menuju Pulau Komodo. 

Semua orang boleh liburan di sana, Namun ternyata banyak yang tidak tahu peraturan, baik yang tertulis maupun tak tertulis dari tempat wisata andalan di kawasan Sumbawa ini. Beberapa peraturan bahkan sudah diumumkan sejak sebelum menyeberang. Oh ya pesawat yang kamu tumpangi akan mendarat di Labuan Bajo, kemudian meneruskan perjalanan untuk menyebrang ke Pulau Komodo. Namun, bayak yang berbohong dan tak mematuhi peraturan karena berbagai macam alasan.

Apa saja peraturan liburan di Pulau Komodo yang kamu harus tahu? Dilansir dari Kompastravel.com, berikut adalah aturan tertulis dan tak tertulis di Pulau Komodo yang wajib ditaati.

Pengunjung Perempuan Yang Sedang Menstruasi, Dilarang Masuk!

Sunber: www.travel.detik.com

Sejak pertama kali dibuka untuk umum, aturan pertama yang tidak boleh dilanggar oleh para pengunjung adalah perempuan yang sedang menstruasi dilarang masuk. Bukan tanpa alasan, penyebabnya adalah karena indera penciuman komodo sangat kuat dan bisa membaui darah hingga jarak lima kilometer jauhnya.

Sayangnya, banyak pengunjung yang berbohong dengan mengatakan bahwa mereka sedang tidak menstruasi dan melanggar batas keamanan. Padahal ini bisa membahayakan nyawa mereka.

Ini Batas Kawasan Aman Bagi Pengunjung Yang Sedang Menstruasi

Jika pengunjung sedang mestruasi dan terlanjur sampai di Pulau Komodo, tetap diperbolehkan turun dari kapal. Namun batas amannya adalah di dapur khusus ranger Pulau Komodo, tidak boleh lebih.

Meski demikian, pengunjung tetap bisa melihat komodo dari jarak dekat. Karena ternyata mereka suka dengan bau makanan yang berasal dari dapur ini, sehingga banyak komodo yang mendekat ke sana. Tapi ingat, yang sedang menstruasi tetap nggak boleh jauh-jauh dari petugas ya.

Dilarang Buang Sampah Sembarangan
Sumber: waspada.co.id

Tidak hanya di Pulau Komodo, aturan ini juga berlaku di semua tempat wisata yang kamu kunjungi. Jaga alam dengan membuang sampah pada tempatnya yuk!

Tidak Mengambil Apapun Dari Dalam Pulau Komodo

Seperti peraturan ketika kamu liburan di gunung atau tempat wisata alam lainnya. Jangan mengambil apapun kecuali foto, jangan meninggalkan apapun kecuali jejak. Meskipun hanya ranting dedaunan sekalipun, jangan dibawa keluar dari Pulau ini.

Tidak Boleh Membunuh Sesuatu

Apapun yang ada di dalam Pulau Komodo tidak boleh dibunuh. Meski itu hanya semut sekalipun, atau tanaman. Biarkan mereka tetap hidup dengan tenang di habitat aslinya.

Tidak Boleh Membuat Gerakan Tiba-Tiba

Komodo adalah binatang yang memiliki penglihatan buruk, namun indera penciumannya sangat tajam dan mendeteksi gerakan lawan dengan mudah. Karena itu jangan membuat gerakan tiba-tiba yang bisa mengejutkannya.

Tidak Melambaikan Barang di Dekat Komodo

Gerakan ini bisa disalah duga sebagai pemberian makanan atau kehadiran lawan yang berbahaya. Hindari gerakan melambai di dekat komodo demi keselamatan kamu di sana.

Tidak Bersuara Kencang di Dekat Komodo

Sumber: www.youtube.com
Penglihatannya boleh jelek, tapi tidak dengan telinganya. Komodo yang terbiasa hidup dengan lingkungan yang tenang, pasti akan terkejut kalau kamu bersuara kencang di dekatnya dan bisa berbahaya.

Bicara dengan nada tenang, kalem dan santai. Tidak perlu panik ketika komodo mendekatimu selama semua peraturan sudah kamu patuhi dan selalu berada di dekat ranger.

Sudah tahu peraturannya? Sekarang saatnya berburu promo tiket pesawat murah ke Pulau Komodo. Karena tempat wisata ini sekarang ramai dikunjungi wisatawan yang ingin melihat langsung hewan prasejarah ini, banyak maskapai yang menyediakan rute menuju Pulau Komodo. Jadi promo harga tiket pesawat pun bertebaran sepanjang tahun. Menarik banget buat disimak mana yang lebih terjangkau buat liburan kamu nanti.


Berlangganan via email

0 komentar:

Post a Comment


Top