Pengalaman Menggunakan Kamera Mirrorless Sony a5100

Sesuai dengan komitmen saya di postingan saya sebelumnya mengenai paket yang tidak kunjung dikirim oleh pihak JNE akan saya lanjutkan di sini. Kenapa saya ngebet banget pengin paket saya datang di hari sabtu adalah, agar saya dapat mencobanya langsung di hari minggu karena hanya di hari tersebut saya dapat jalan-jalan di Jakarta. Dikarenakan JNE tidak sesuai dengan komitmen mereka, maka dengan terpaksa saya hanya bisa mencoba paket saya ini hanya di sekitaran komplek dan di proyek saja. Paket tersebut isinya adalah kamera mirrorless Sony a5100.
Pengalaman Menggunakan Kamera Mirrorless Sony a5100
Kardus Sony a5100
Awalnya saya engga tau menau ya soal kamera mirrorless, dan saya termasuk menjadi salah satu anak yang telat gaul karena saya sejak dulu hanya memiliki sebuah kamera DSLR saja di rumah dan itupun kepunyaan kakak saya. Jadi, saya di sini hanya sebagai seorang amatir yang berbagi pengalaman saja tentang pemakaian Sony a5100 saya ini yang sudah saya gunakan hampir seminggu. Jadi kalau ada yang tanya teknis banget, mending kamu cari website lain deh yang lebih detail dalam review ini.

Dari yang saya kutip melalui website kompas, kamera mirrorless adalah kamera "tanpa cermin" atau dapat dijabarkan sebagai kamera DSLR yang dihilangkan bagian pemantul cahayanya (mirrorbox) nya. 
Pengalaman Menggunakan Kamera Mirrorless Sony a5100
via: www.tekno.kompas.com
Jadi dari keterangan dan gambar yang ada, sudah bisa dilihat perbedaannya. Yap, kalau DSLR lebih gede, kalau mirrorless lebih mini. Hal itulah yang menjadikan salah satu alasan terbesar saya mengapa saya membeli sebuah kamera mirrorless. Karena lingkungan saya yang lebih banyak di lapangan dan di kantor, jadi ketika sewaktu-waktu saya pergi ke lapangan saya engga perlu repot-repot bawa DSLR yang super ribet dan menurut saya ga eye-catching juga sih kalau di bawa ke lapangan. Takutnya tukang dan mandor yang ada di lapangan nanya "emang mau buka studio foto pak?" oke. Studio foto.

"Kalau takut ribet kenapa ga bawa kamera pocket aja yang lebih simpel dan kecil?" Katamu.
"Nganu mbak..." 

Bukan karena sombong atau apa ya, kamera mirrorless itu menurut saya dan mayoritas orang-orang di luar sana, sudah bilang kalau kualitas dari jepretan mirrorless itu hampir mendekati DSLR. Jadi, daripada saya beli kamera pocket yang kalau di zoom-in dikit langsung ngeblur, kenapa saya ga beli yang gedean dikit tapi kualitasnya oke juga. Iya kan?

Pengalaman Menggunakan Kamera Mirrorless Sony a5100
Tampak sony a5100 dari beberapa sudut
Kamera ini cukup mungil, tapi jangan sekali-kali dikantongin, karena emang ga bakal muat buat dikantongin. Kecuali ukuran celana kamu seukuran sama celananya Yao Ming. Kamera ini juga enteng banget dan genggam-able. Jadi, buat kamu yang gaada gandengan dan gaada tangan yang digenggam mending beli kamera ini deh, biar ada yang nempel di telapak tangan kamu.

Sebetulnya ada beberapa kamera Mirrorless produksi dari Sony juga yang saya minati selain Sony a5100 yaitu, Sony a5000 dan Sony a6000. Alasan saya kenapa milih Sony a5100 daripada Sony a5000 adalah karena menurut hasil survey saya melalui website www.versus.com, Sony a5100 lebih unggul daripada Sony a5000. Ya meskipun dari segi kualitas juga akan mempengaruhi harga, tapi oke lah menurut saya untuk tetap dijadikan pilihan utama.

Kemudian, mengapa saya lebih memilih kamera Sony a5100 daripada Sony a6000, bukan karena saya engga mampu beli, tapi karena saya engga suka sama bentukannya. Agak aneh menurut saya. Ya meskipun dari website manapun yang mereview keduanya, dan pilihan mereka jatuh pada Sony a6000, tapi saya punya alasan sendiri untuk tetap milih Sony a5100. 
Pengalaman Menggunakan Kamera Mirrorless Sony a5100
Kiri Sony a5100 & kanan Sony a6000 via: www.youtube.com
Dari segi fitur dan body, memang lebih keren Sony a6000 sih kalau di lihat dari blog ini, tapi pas dilihat langsung, Sony a6000 ini body-nya lebih gede, ga genggam-able dan banyak tombol, terlebih lagi yang paling engga banget menurut saya di kamera Sony a6000 itu ada mirror box yang sedikit agak nongol kebelakang, jadi itu penyebabnya kenapa saya lebih milih Sony a5100 yang dari tampilan dan performa cukup menunjang untuk keseharian saya di kantor dan di lapangan. 

Anyway, buat yang belum tau apa aja fitur yang ada di dalam Sony a5100 ini antara lain adalah: 24.3 Megapixel camera dengan sensor APS-C, layar sentuh (hanya untuk menentukan titik fokus sebelum membidik) tapi okelah menurut saya, lensanya bisa diganti, layarnya bisa diputar 180 derajat, ada wifi, NFC, dsb.

Sedangkan untuk kekurangannya kalau menurut saya cuma ada satu, yaitu: baterainya cepet abis. Udah itu aja.

Untuk beberapa foto yang udah saya ambil ada di bawah ini, fotonya saya ambil pas lagi istirahat dan pas lagi di lapangan:

Pengalaman Menggunakan Kamera Mirrorless Sony a5100
Grand opening AEON Mall
Pengalaman Menggunakan Kamera Mirrorless Sony a5100
Lagi di lapangan
Pengalaman Menggunakan Kamera Mirrorless Sony a5100
Lagi nongkrong
Pengalaman Menggunakan Kamera Mirrorless Sony a5100
Saya belom mandi
Pengalaman Menggunakan Kamera Mirrorless Sony a5100
Temen saya udah mandi
Pengalaman Menggunakan Kamera Mirrorless Sony a5100
Ini saya engga tau pas lagi mikir apa
Pengalaman Menggunakan Kamera Mirrorless Sony a5100
Foto terakhir
Di atas adalah bidikan amatir yang baru seminggu pake Sony mirrorless a5100, dan hasilnya gimana menurut kamu? semoga postingan ini bermanfaat buat semua yang lagi bingung milih-milih kamera baru. Buat yang pengin sharing juga bisa kok komen-komen di bawah. C you! 

Berlangganan via email

5 comments

  1. Sama.
    Saya juga lagi ngidam, mirrorless.
    Tapi pengen merek Fujifilm X-A10

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah boleh juga tuh. pasukan fujifilm #terfujilah

      Delete
    2. Untuk video ada kendala ngga bro? Overheat / gimana gitu?

      Delete
    3. so far so good sih, kalau untuk video aku makenya sekali batre habis doang sih. soalnya cuma punya batre satu doang. kalau untuk yang pemakaian sampai gonta-ganti batrai aku belum pernah. tq!

      Delete
  2. uda pernah dicoba buat video non stop bro>? ada kendala gak bro? thanks sharingnya bro Ade.

    ReplyDelete


Top