Gaji Pertama dari Blog Pertama

Basically, saya adalah anak yang termasuk dalam kategori "amat sangat beruntung" dan saya bersyukur atas anugerah yang telah saya miliki hingga saat ini. Datang dari keluarga biasa, tak lantas membuat pribadi saya rendah diri, justru prinsip yang saya pegang hingga kini adalah; hidup itu harus diperjuangkan, demi keluarga dan orang tercinta.

Saya mengenal Blog dan mulai mencoba membuat Blog pertama kali kurang lebih hampir 7 tahun yang lalu, pada saat saya berusia 14 tahun, dan saya masih duduk di bangku sekolah. Kala itu tidak pernah terlintas sedikitpun dalam benak saya bagaimana caranya agar bisa mendapatkan uang dari Blog. Dan bahkan saat itu pun saya tidak tahu kalau Blog juga bisa menjadi donatur isi dompet kita. Jadi, dulu pertama kali saya membuat Blog hanya untuk kesenangan saya semata. Otak-atik coding template, pasang widget di setiap sudut agar Blog tampak unyu nan kekinian, Kursor yang dapat mengeluarkan bintang-bintang dan tak lupa judul postingan yang telah saya poles dengan efek hover kelap-kelip yang cukup mampu untuk membutakan mata pria dewasa sesaat. That was fun, really fun.

Berawal dari kesenangan saya bermain Blog, jalan sekitar 3 bulan kemudian ada seorang teman yang menurut saya orang ini adalah orang yang paling berjasa bagi saya di dunia Blogging. Namanya Mas Febry. Dia memperkenalkan saya berbagai macam hal tentang bisnis di internet terutama bagaimana caranya mendapatkan uang dari Blog!. Awalnya saya diperkenalkan dengan yang namanya google adsense, infolinks, adf.ly, buy blog reviews, sponsored reviews, bid vertiser, blog vertise, dsb. Tidak hanya itu, dia tidak hanya mengajarkan saya secara teori, namun juga secara praktek, saya ditemani langsung mulai dari bagaimana cara daftarnya, tips agar Blog kita di approve, bagaimana cara mendapatkan uang dari website tersebut, hingga payout-nya bagaimana, pun saya juga dibimbing sampai bisa.

Sejak saya mendapatkan pengajaran dan ilmu dari Mas Febry, saya dapat menarik kesimpulan bahwa sejatinya mendapatkan uang dari internet itu tidak mudah layaknya tutorial blog typical gratisan yang sering saya baca seperti; memasang iklan di atas postingan, bawah postingan, sidebar kiri, sidebar kanan dsb. Pada dasarnya untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, semua orang itu membutuhkan pengorbanan yang sama rata seperti; mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran.

Merekam kembali memori abstrak pada saat masa-masa ketika awal dulu belajar mencari uang dari internet, tiada hari tanpa Blogging lah pokoknya! bangun tidur laptop sudah menyala, kembali ke kasur dalam kondisi hari yang sudah kembali gelap tetapi laptop masih saja terus menyala, namun pada pagi hari esoknya lagi laptop saya mati, ternyata usut punya usut laptop saya kehabisan daya.

Saat itu dengan usia yang masih sangat belia 15 tahun, saya sudah lebih sering begadang dari pada tidur lebih cepat, karena memang saya benar-benar ingin maju bersama dengan Blog saya, hari demi hari saya lalui, tidur hingga larut malam, ketiduran tapi kondisi laptop masih di pangkuan, semua itu saya lakukan demi memperbaiki konten yang ada di Blog saya.

Bulan demi bulan pun juga saya lalui dengan kegiatan yang serupa. Kemudian tiba pada satu hari dimana saya membuktikan sebuah kutipan yang pernah saya baca "hasil tidak akan menghianati perjuangan". Tidak disangka-sangka, user online di Blog saya pernah mencapai 8-10 orang. Wow! Itu adalah sesuatu yang sangat prestise bagi seorang Blogger amatir, dan belum menginjak usia 17 tahun.

Dari yang biasanya user online hanya berkisar antara 1-3 saja setiap harinya, kemudian tiba-tiba menjadi 10 orang. Perasaan yang saya rasakan saat itu adalah haru dan senang. Ternyata ada juga sekumpulan orang yang mau membaca Blog saya dan berlama-lama di dalam sana.

Dengan peningkatan traffic yang kian tajam, hal tersebut berdampak pula pada fasilitas shorter link yang saya pasang di Blog saya. Kala itu saya menggunakan jasa adf.ly, karena saya tertarik dengan kemudahannya dalam mendaftar (sangat mudah, dan pasti mendapatkan approval), simpel saat digunakan, dan yang paling penting adalah payout yang sangat minim. Jadi saya ga perlu menunggu lama-lama untuk mencairkan uang saya agar masuk ke rekening Paypal saya.

Rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata ketika akhirnya kita mendapatkan sesuatu yang kita harapkan meskipun nilainya tidak besar, bahkan cenderung kecil, namun gaji pertama adalah segalanya. Karena gaji pertama adalah cinta pertama, hal-hal yang telah dilewati dan diraih bersama tidak akan lepas dari yang namanya usaha.

Kebahagiaan bisa datang dari segala arah, bahkan sampai dari sesuatu yang menurut orang lain mungkin sangat sederhana bila melihat dari nilainya. Namun bagi saya hal itu terasa sangat istimewa karena saya memang benar-benar memulai segalanya dari titik nol. Kepuasan bukan saya ambil dari hasilnya, namun dari prosesnya. Setiap hari hingga tahun kita memang harus berproses, tentunya menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih maju.

Bulan depan tanggal 3 Juni 2017 merupakan hari jadi saya, namun pada tanggal 25 Mei esok, akan ada yang berulang tahun dan berproses tahunan terlebih dahulu yakni forum Blogger Indonesia yang masih tetap eksis hingga saat ini, Warung Blogger akan berulang tahun yang ke-7! Sebagai sesama Geminian, saya mungkin akan menjadi geminian pertama yang mengucapkan selamat ulang tahun bagi Warung Blogger yang ke-7! semoga semakin eksis dan tetap mengudara, tetap setia menemani Blogger Indonesia!

"Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog ulang tahun ke-6 tahun Warung Blogger"

Berlangganan via email

6 comments

  1. Weh...saya belum pernah sama sekali mendapat uang dari internet seperti ini mas ade...pengin rasanya karena ini akan akumulatif dan abadi....entar tak cobane deh biar bisa dapat penghasilan seperti mas ade...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak, jujur saya kagum sama tulisannya mbak

      Delete
  2. wow! sudah dapat menghasilkan uang dari tangan sendiri di usia belia. patut dicontoh nih buat anak2ku. sukses selalu ya..!

    ReplyDelete
  3. Wah, masih muda tapi sudah menghasilkan duit senditi dari blog. Saya butuh waktu lama untuk dapat rupiah pertama :-)

    selamat!!!

    ReplyDelete


Top