Membuat Genteng di Sketchup

Genteng adalah material penutup lapisan konstruksi atap yang paling populer di gunakan di dunia. kegunaan genteng adalah untuk melindungi ruangan atau bangunan di bawahnya dari terik sinar matahari dan hujan. di Indonesia sendiri, genteng memiliki banyak varian. salah satunya adalah genteng keramik. keunggulan genteng keramik sendiri adalah ditinjau dari tampilannya yang apabila diterapkan pada atap rumah akan memberikan kesan yang menarik karena genteng keramik memiliki sifat refleksi atau pantulan. pembuatan desain genteng keramik dapat dilkukan dengan berbagai macam software atau manual (free hand). namun kali ini saya akan memberikan tutorial modelling/membuat genteng keramik dengan sketchup.

1. Buat objek balok/kubus di sketchup dengan line. kemudian object tersebut lebih baik di-group/disatukan agar lebih fleksibel apabila digunakan untuk modelling.


2. Kemudian, offset ujung/line balok tersebut dengan tape measure tool untuk memberikan guide/acuan garis agar mempermudah dalam proses penggambaran. Ukuran bisa disesuaikan dengan yang saya berikan atau bisa dimodifikasi (fleksibel).

  

3. Kemudian hasilnya kurang lebih seperti berikut. Apabila menggunakan ukuran yang saya berikan.


4. Kemudian copy dua garis ujung dengan tool move dan copy sampai 9/10 kali. Jangan lupa hide dulu baloknya sebelum di move.


5. Kemudian satukan line atas dengan line bawah. Hasilnya kurang lebih seperti ini.


6. Kemudian show/unhide balok yang telah di-hide tadi. Dan berikan line sesuai dengan ukuran yang saya berikan atau dengan ukuran teman-teman sendiri.

  

7.  Hide baloknya kembali, kemudian hasilnya kurang lebih begini. dan copy-kan 9/10x.


8. Explode objek genteng yang tadi di group, sebelum dilakukan follow-me. Apabila telah dilakukan explode maka dapat dilakukan follow me. (Blok genteng yang terdapat setengah lingkaran seluruhnya, kemudian klik genteng bagian atas di ujung satunya). Hasilnya kurang lebih seperti ini.


9. Kemudian group seluruh bagian genteng yang telah jadi, dan lakukan mapping warna bubungan (di tutorial sebelum ini) kepada genteng yang telah dibuat. (Tutorial sebelumnya klik di sini)


10. Kemudian lakukan render terhadap genteng yang telah dibuat. Apabila sesuai dengan setting yang sama dengan yang saya berikan di blog ini maka kurang lebih hasil render akan seperti ini.


Membuat genteng di sketchup cukup mudah, namun pada saat penerapan pada atapnya yang sedikit membutuhkan kesabaran. Terlebih lagi apabila menggunakan konstruksi atap yang cukup kompleks. Kurang lebih seperti itu, tutorial membuat genteng di sketchup yang saya berikan. Boleh dicoba, apabila ada kritik dan saran atau pertanyaan, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. Terima kasih.

Berlangganan via email

1 comment

  1. Masih pusing dibagian garis scr manual. Tapi kalo udh terbiasa mungkin akan jadi mudah.

    ReplyDelete


Top